• gbanner3
  • PPDB SMAN 1 PELAIHAR
  • gbanner5

Selamat Datang di Website SMA NEGERI 1 PELAIHARI. Terima Kasih Kunjungannya#SMANPELSUPER

Pencarian

Kontak Kami


SMA NEGERI 1 PELAIHARI

NPSN : 30300697

Jl.A.Syairani Komplek Perkantoran Gagas Pelaihari Kab.Tanah Laut 70814


info@sman1plh.sch.id

TLP : 051221200


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 330120
Pengunjung : 120534
Hari ini : 134
Hits hari ini : 258
Member Online : 0
IP : 18.97.14.90
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Kreatifitas Siswa dalam Belajar dengan Quizizz sebagai Sebuah “Fun Game" Edukasi




Pembelajaran merupakan proses memfasilitasi setiap individu agar dapat belajar. Antara belajar dan pembelajaran merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Pembelajaran secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah usaha mempengaruhi emosi, intelektual, dan spiritual seseorang agar mau belajar dengan kehendaknya sendiri. Secara khusus dapat diutarakan bahwa pembelajaran merupakan suatu proses belajar yang dibangun guru untuk meningkatkan moral, intelektual, serta mengembangkan berbagai kemampuan yang dimiliki oleh siswa, baik itu kemampuan berpikir, kemampuan kreativitas, kemampuan mengkonstruksi pengetahuan, kemampuan pemecahan masalah, hingga kemampuan penguasaan materi pembelajaran dengan baik. Kemampuan-kemampuan yang dikemukakan di atas merupakan kemampuan yang perlu dikembangkan pada abad 21. Abad 21 ditandai oleh berkembangnya informasi secara digital. Masyarakat secara masif terkoneksi satu dengan lainnya. Hal inilah yang dikatakan oleh banyak orang dengan revolusi industri, terutama industri informasi. Era digital telah mewarnai kehidupan manusia di abad 21. (Syahputra, 2018:1277)

Sejalan dengan hal itu, Kemdikbud merumuskan bahwa paradigma pembelajaran abad 21 menekankan pada kemampuan peserta didik dalam mencari tahu dari berbagai sumber, merumuskan permasalahan, berpikir analitis dan kerjasama serta berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah (Litbang Kemdikbud, 2013). Adapun penjelasan mengenai framework pembelajaran abad ke-21 menurut (BSNP:2010) adalah sebagai berikut: (a) Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical-Thinking and Problem-Solving Skills), mampu berfikir secara kritis, lateral, dan sistemik, terutama dalam konteks pemecahan masalah; (b) Kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama (Communication and Collaboration Skills), mampu berkomunikasi dan berkolaborasi secara efektif dengan berbagai pihak; (c) Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical-Thinking and Problem-Solving Skills), mampu berfikir secara kritis, lateral, dan sistemik, terutama dalam konteks pemecahan masalah; (d) Kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama (Communication and Collaboration Skills), mampu berkomunikasi dan berkolaborasi secara efektif dengan berbagai pihak; (e) Kemampuan mencipta dan membaharui (Creativity and Innovation Skills), mampu mengembangkan kreativitas yang dimilikinya untuk menghasilkan berbagai terobosan yang inovatif; (f) Literasi teknologi informasi dan komunikasi (Information and Communications Technology Literacy), mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kinerja dan aktivitas sehari-hari; (g) Kemampuan belajar kontekstual (Contextual Learning Skills) , mampu menjalani aktivitas pembelajaran mandiri yang kontekstual sebagai bagian dari pengembangan pribadi, dan (h) Kemampuan informasi dan literasi media, mampu memahami dan menggunakan berbagai media komunikasi untuk menyampaikan beragam gagasan dan melaksanakan aktivitas kolaborasi serta interaksi dengan beragam pihak. (Wijayadkk, 2016: 266-267)

Namun, untuk mengimplentasikan framework pembelajaran abad ke-21 menurut BSNP tidak lah mudah dan banyak mengalami kendala dalam prosespembelajarannya. ini dikarenakan proses pembelajaran selama ini masih berpusat pada guruyang menganggap bahwa guru adalah satu-satunya sumber utama pengetahuan. Peserta didikhanya menerima apa yang diberikan oleh guru. Hal inilah yang menyebabkan hasil pembelajarantidak sesuai dengan harapan. Peserta didik hanya memperoleh pengetahuan secara teoritis danbertindak pasif, sedangkan guru bertindak aktif dalam memberikan materi. Sebenarnya, dalamproses pembelajaran memiliki beberapa komponen yang sangat berkaitan dari satu komponendengankomponenlainsepertimetode,tujuan,danevaluasi.Prosespembelajaranakanefektifjika berlangsung dalam situasi dan kondisi yang kondusif, hangat, menarik, menyenangkan, daninovatif. Oleh karena itu, guru perlu berkreasi, berinovasi dan memahami berbagai model, metode dan strategi pembelajaran dengan berbagai karakteristiknya,sehingga guru mampu mengajarkan suatu materi pembelajaran yang menyenangkan dan bervariasi di proses pengajaran dan pembelajarannya sesuai dengan tujuan maupun kompetensiyangdiharapkan.

Di antara strategi atau model pembelajaran abad 21 yang inovatif dan kreatif adalah dengan itu memberikan salah satu game edukasi kepada peserta didik dengan tujuan agar proses pembelajaran dan pengajaran lebih menarik dan dapat mengukur tingkat engagement atau motivasi mereka dalam belajar suatu materi pelajaran. Game edukasi terdiri dari beberapa komponen seperti bunyi, grafik, video, dan animasi. Kelebihan dari game edukasi ini adalah terdapat komponen yang bisa meningkatkan ingatan seperti animasi, sehingga menjadikan siswa mampu menyimpan dan mengumpulkan materi dalam memori yang diberikan dalam jangka waktu yang lebih panjang daripada menggunakan metode edukasi konvensional (Vitianingsih, 2016). salah satu game edukasi yang saat ini digandrungi banyak guru adalah Quizizz. Quizizz adalah aplikasi pendidikan berbasis game yang membawa aktivitas multi pemain ke ruang kelas dan menjadikan pembelajaran dalam kelas lebih menyenangkan dan lebih interaktif (Purba, 2019). Media Quizizz memiliki kelebihan yaitu soal-soal yang disajikan dalam media Quizizz memiliki batasan waktu, siswa diajarkan untuk berpikir secara tepat dan cepat dalam mengerjakan soal yang ada pada media Quizizz. Kelebihan lain yang ada pada media Quizizz adalah jawaban dari soal yang ada akan ditampilkan dengan warna dan gambar serta terlihat pada komputer guru (sebagai operator) dan dalam peranti siswa akan berganti secara otomatis sesuai dengan urutan soal. penggunaan atau cara mengoperasionalkan game Quizizz ini sangat lah mudah dimana guru dan siswa terlebih dahulu masuk ke website www.quizizz.com, lalu Sign up. Setelah itu, mereka masuk ke akun Google masing-masing peserta dan kemudian memilih peran yang mau dimainkan di dalam fitur Quizizz, apakah sebagai guru, siswa, orang tua atau lainnya. Kemudian dilanjutkan untuk melengkapi biodata masing-masing peserta dan mengisikan info Kuis yang mau disajikan.

Dengan menggunakan media game edukasi ini seperti Quizizz maka dapat diyakini bahwa Quizizz merupakan media atau strategi pembelajaran yang tepat dan udah serta aplikatif dalam proses pengajaran dan pembelajaran yang kreatif dan inovatif serta efektif. Ini merupakan sebuah benda nyata yang dimanfaatkan guru dan siswa, sehingga pada saat melakukan proses pembelajaran dapat menimbulkan interaksi sosial yang menumbuhkan minat siswa dalam meningkatkan prestasi belajarnya dandapat melakukan peningkatan keterampilan seorang guru pada penggunaan media pembelajaran seperti Quizizz, sehingga siswa juga mendapatkan pengaruh yang baik dari pemanfaatan media pembelajaran. Semoga kita sebagai guru selalu bisa menerapkan sesuatu yang menarik dari setiap kegiatan pembelajaran sehingga tidak ada kebosanan bagi siswa dalam belajar. Aamiin....

 

dibuat oleh:

Rusnani Zulfah, S.Pd. I

Guru SMA Negeri 1 Pelaihari, Kab. Tanah Laut




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :

Pengirim : Brandonfum -  [ke.i.t.h.y..a.rt.e.r.b.e.rr.y.rl@gmail.com]  Tanggal : 26/03/2024
flower remedies bach <a href=""> https://forums.dieviete.lv/profils/127605/forum/ </a> herbal diazepam

Pengirim : oxerjiluyoqu -  [atupot@pazew.fodiscomail.com]  Tanggal : 06/08/2022
http://slkjfdf.net/ - Enisek <a href="http://slkjfdf.net/">Eraciyizu</a> lob.zvtq.sman1plh.sch.id.cxl.du http://slkjfdf.net/

Pengirim : otujivabebo -  [uvufzimay@pazew.fodiscomail.com]  Tanggal : 06/08/2022
http://slkjfdf.net/ - Afujekgaj <a href="http://slkjfdf.net/">Ahosqiu</a> atd.xqte.sman1plh.sch.id.haq.xb http://slkjfdf.net/

Pengirim : apihupah -  [ihofac@iupes.fodiscomail.com]  Tanggal : 06/08/2022
http://slkjfdf.net/ - Uxuvgeve <a href="http://slkjfdf.net/">Ihuneroh</a> rqy.idem.sman1plh.sch.id.wgk.jj http://slkjfdf.net/

Pengirim : uvidawoarugim -  [iwnamoi@iupes.fodiscomail.com]  Tanggal : 06/08/2022
http://slkjfdf.net/ - Ezmoyize <a href="http://slkjfdf.net/">Ujevuxup</a> omb.sgvy.sman1plh.sch.id.pud.qf http://slkjfdf.net/


   Kembali ke Atas